Siswa Sekolah Menengah: Mengapa Anda Harus Menunjukkan Perhatian Saat Menggunakan YouTube

Apakah Anda seorang siswa sekolah menengah yang suka menggunakan YouTube? Anda mungkin tidak hanya menikmati menonton video di YouTube, tetapi Anda juga mungkin ingin membuat dan berbagi video Anda sendiri. Bahkan jika Anda masih di sekolah menengah, Anda dapat melakukannya dengan YouTube, karena YouTube mengizinkan mereka yang berusia tiga belas tahun ke atas untuk berbagi video mereka. Meskipun ini menyenangkan untuk dilakukan, Anda perlu berhati-hati saat membuat video YouTube.

Perlihatkan kehati-hatian saat membuat video YouTube Anda? Jika Anda bertanya-tanya mengapa Anda perlu melakukannya, selain dari masalah keamanan yang jelas, Anda mungkin bertanya-tanya mengapa semua khawatir. Apa yang mungkin tidak Anda sadari adalah bahwa konten online Anda, termasuk video YouTube Anda, dapat ditonton oleh orang-orang yang terkait dengan sekolah Anda. Pandangan tersebut mungkin datang dari teman Anda, teman sekelas lain, atau bahkan pejabat sekolah. Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk memeriksa konten video YouTube Anda secara menyeluruh dan memastikan tidak ada kerugian yang dapat menimpa Anda di kemudian hari.

Terkait konten video YouTube yang harus Anda hindari, terutama jika Anda seorang siswa SMA, yang paling jelas adalah aktivitas ilegal. Anda tidak ingin memiliki video tentang diri Anda atau teman Anda yang sedang minum di bawah umur, menggunakan narkoba, atau melakukan kejahatan lain, tidak peduli sekecil apa pun tampaknya. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda tidak pernah benar-benar tahu siapa yang akan menemukan video Anda. Dengan cara kerja sekolah menengah dan gosip saat ini, jika salah satu teman sekelas Anda menemukan video Anda di YouTube, kemungkinan mereka tidak akan menyimpan video itu untuk diri mereka sendiri; mereka akan hampir selalu membagikannya dengan orang lain yang mereka kenal.

Jenis konten video lain yang mungkin ingin Anda hindari adalah konten yang menyinggung siswa lain di sekolah Anda. Jenis konten ini paling sering muncul di blog video. Banyak pengguna internet menggunakan blog video untuk melampiaskan rasa frustrasi mereka atau membicarakan hari-hari mereka. Jika Anda seorang siswa sekolah menengah, ada kemungkinan besar Anda ingin berdiskusi tentang sekolah, teman, atau teman sekelas Anda. Meskipun ini lebih dari mungkin untuk dilakukan, Anda sebaiknya menahan diri agar tidak terdengar terlalu negatif atau bahkan mengancam. Meskipun Anda mungkin hanya bercanda, “Saya sangat marah sehingga saya bisa membunuhnya,” dapat diambil di luar konteks oleh seseorang yang melihat video YouTube Anda, apakah itu blog video atau bukan.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu dari banyak orang yang akhirnya dapat melihat video YouTube Anda adalah teman sekelas atau bahkan pejabat sekolah. Meskipun kita semua ingin percaya bahwa teman sekelas kita keren, tidak semuanya. Jika salah satu teman sekelas Anda menemukan video di YouTube yang menurut mereka menyinggung atau berselera buruk, mereka dapat melaporkannya ke sekolah Anda. Berbicara tentang sekolah Anda, pejabat sekolah Anda bahkan dapat menemukan video YouTube Anda, karena banyak sekolah sekarang menggunakan internet, yaitu situs jejaring sosial, untuk memantau siswa dan aktivitas mereka. Memiliki aktivitas ilegal yang didokumentasikan di video YouTube Anda dapat menimbulkan masalah bagi Anda, dalam lebih dari satu cara.

Terkait video YouTube dengan aktivitas ilegal atau ancaman yang didokumentasikan di dalamnya, konsekuensi yang Anda derita, jika ada, semua akan bergantung pada distrik sekolah yang bersangkutan. Tidak jarang distrik sekolah membekukan siswa yang mereka dapati melakukan aktivitas ilegal, meskipun aktivitas tersebut tidak dilakukan di properti sekolah. Jika Anda berpartisipasi dalam aktivitas ekstra melingkar, termasuk olahraga, Anda telah diskors dari semua tim olahraga atau organisasi bersponsor sekolah lainnya, untuk sementara atau bahkan secara permanen. Dalam situasi serius, seperti di mana ancaman terhadap siswa lain telah didokumentasikan, pihak berwenang tidak jarang dihubungi.

Seperti yang Anda lihat, ada konsekuensi serius jika tidak berpikir sebelum membuat dan membagikan video Anda di YouTube. Semua siswa sekolah menengah, termasuk Anda, diimbau untuk memikirkan masa depan Anda, sebelum menggunakan YouTube sebagai sumber hiburan yang menyenangkan.